Nandyka’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

DSS…The Final Episode!! May 31, 2008

Filed under: all about decision support system — nandyka @ 1:03 am

DSS atau Decision Support System, salah satu mata kuliah pilihan yang gw ambil buat semester 6 ini. Kenapa gw milih buat ngambil mata kuliah pilihan ini? Hehe, jawabannya simple aja, setiap saat kita harus buat keputusan, pengambilan keputusan ga boleh sembarangan tapi juga harus cepet. Info dari senior, pengambilan keputusan di mata kuliah DSS ini pake dukungan software-software yang waktu itu asing di telinga. Akhirnya jadi tertarik buat ngambil deh ^^

Gimana akhirnya pelaksanaan kuliah ini?? Kuliah DSS ini diadain setiap selasa siang dari jam 1 sampe jam 3. Kebetulan paginya gw juga ada kuliah Interpersonal Skill, jadinya pas banget deh pas gw lagi pake baju rapih (Pak Dachyar, dosen yang ngajarin mata kuliah DSS, mengharuskan kita tampil rapih juga hehe). Hampir setiap minggu pasti ada tugas nyari jurnal. Tapi jurnal yang harus gw cari, bukan sembarang jurnal. Jurnalnya harus update, ga boleh yang jadul2 banget, maksimal 2 tahun terakhir. Makanya setiap nyari jurnal, yang pertama gw liat itu kapan jurnal itu di-published. Selain itu, jurnalnya juga ga boleh sama antar mahasiswa (angkatan 2005 ada 57 orang, jadi untuk setiap topik, kami selalu berdoa…semoga jurnal yang tersedia di internet ini ada banyak, minimal 57-lah…hehehe). Oia, satu cerita menarik dari mahasiswa TIUI angkatan 2005, karena kita sering ada tugas buat nyari topik atau jurnal yang ga boleh sama, akhirnya angkatan kita memutuskan untuk membuat sebuah milis yang khusus buat ngasi tau jurnal atau topik apa yang udah kita pilih. Jadinya, setiap gw nyari jurnal atau tugas, sebelum gw memutuskan untuk make jurnal itu, gw harus nge-check dulu ke milis itu buat ngeyakinin klo jurnal itu emang belom dipake sama temen-gw yang laen hehehe. Klo udah yakin tuh jurnal blom ada yang make, baru deh gw kirim judul sama link alamat jurnal itu ke milis buat ngasi tau klo gw fix pake jurnal itu.

Jurnal yang diminta Pak Dachyar cukup sistematis, diawali dengan nyari jurnal yang menjelaskan AHP secara umum. Selanjutnya kita diminta untuk nyari kasus-kasus yang mengimplementasi AHP pake software Expert Choice. Setelah sesi AHP selesai, kita ngelanjutin DSS ini dengan topik baru ANP. ANP ini pake software yang beda dari AHP. ANP pake software Super Decision, ANP ini lebih rumit dibandingin sama AHP. Kenapa ANP lebih rumit? Hehe itu karena ketika kita pake ANP ini, dia memperhatikan interaksi antara elemen-elemen keputusan (baik inner ataupun outer dependencies tiap elemen tersebut). Tapi walaupun lebih rumit, keputusan yang dihasilin sama ANP jauh lebih akurat lho.

Setelah gw fase cari-mencari jurnal ini selesai, akhirnya tanggal 27 Mei kemaren gw ujian DSS. Ujian DSS ini satu minggu lebih cepet dibandingin sama pelaksanaan ujian mata kuliah yang lain. Tadinya sempet berkembang gosyip, klo tangggal 27 itu ujian DSS ga jadi karena Pak dachyar bilang klo hari itu cuma review (ternyata nama lainnya ujian itu review…hohoho…si Bapak bisa aja). Tapi ada untungnya juga ujiannya dicepetin, beban kuliah jadi berkurang satu (fiuh2…).

Ujiannya seperti biasa, diadain di Lab MIS yang penuh kenangan ujian-ujian Pak Dachyar sebelumnya. Kita dikasih soal untuk dipecahin langsung di depan komputer dalam waktu 3 menit (mantap banget dah!). Soal untuk UAS DSS kali ini ternyata berhubungan dengan AHP memakai software Expert Choice. Mahasiswa diminta untuk menambahkan satu kriteria (kriteria tersebut harus punya 3 subkriteria) dengan bobot 30%. Topik pengambilan keputusan yang dipake ini beda-neda untuk setiap mahasiswa (tergantung dari file AHP tiap mahasiswa yang uah dibuat sebelumnya). Pengambilan keputusan yang kemaren gw pake buat ujian DSS ini adalah pengambilan keputusan untuk menentukan Negara tujuan untuk melanjutkan pendidikan S2 (ada tiga alternative Negara: Jepang, Jerman, dan Kanada). Setelah ditambahin kriteria yang baru itu, keputusan-gw ternyata berubah. Oia pas ujian itu, gw malah dapet info dari Pak Dachyar klo Belgia juga patut diperhitungkan sebagai negara tujuan untuk melanjutkan S2 (tengkyu Pak, nanti saya nyari informasi lagi deh,, hoho).

Semoga nilai DSS lebih oke disbanding nilai ekotek sama MIS…hohoho…Amien ^^

 

Leave a Reply

