Nandyka’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

decision tree? bukan pohon biasa! April 4, 2008

Filed under: Uncategorized — nandyka @ 3:05 pm

Decision tree adalah salah satu metode klasifikasi yang paling populer karena mudah untuk diinterpretasi oleh manusia. Decision tree adalah model prediksi menggunakan struktur pohon atau struktur berhirarki. Konsep dari decision tree adalah mengubah data menjadi pohon keputusan dan aturan-aturan keputusan. Manfaat utama dari penggunaan decision tree adalah kemampuannya untuk mem-break down proses pengambilan keputusan yang kompleks menjadi lebih simpel sehingga pengambil keputusan akan lebih menginterpretasikan solusi dari permasalahan.

      untitled2.jpg

 

Kelebihan dari metode decision tree adalah:

·         Daerah pengambilan keputusan yang sbelumnya kompleks dan sangat global, dapat diubah menjadi lebih simpel dan spesifik.

·         Eliminasi perhitungan-perhitungan yang tidak diperlukan, karena ketika menggunakan metode decision tree maka sample diuji hanya berdasarkan criteria atau kelas tertentu.

·         Fleksibel untuk memilih features dari internal nodes yang berbeda, feature yang terpilih akan membedakan suatu criteria dibandingkan criteria yang lain dalam node yang sama. Kefleksibelan metode decision tree ini meningkatkan kualitas keputusan yang dihasilkan jika dibandingkan ketika menggunakan metode penghitungan satu tahap yang lebih konvensional.

·         Dalam analisis multivariat, dengan kriteria dan kelas yang jumlahnya sangat banyak, seorang penguji biasanya perlu untuk mengestimasikan baik itu distribusi dimensi tinggi ataupun parameter tertentu dari distribusi kelas tersebut. Metode decision tree dapat menghindari munculnya permasalahan ini dengan menggunakan criteria yang jumlahnya lebih sedikit pada setiap node internal tanpa banyak mengurangi kualitas keputusan yang dihasilkan.

 

Kekurangan metode decision tree, yaitu:

·      Terjadi overlap terutama ketika kelas-kelas dan criteria yang digunakan jumlahnya sangat banyak. Hal tersebut juga dapat menyebabkan meningkatnya waktu pengambilan keputusan dan jumlah memory yang diperlukan.

·      Pengakumulasian jumlah error dari setiap level dalam sebuah pohon keputusan yang besar.

·      Kesulitan dalam mendesain decision tree yang optimal. Hasil kualitas keputusan yang didapatkan dari metode decision tree sangat tergantung pada bagaimana pohon tersebut didesain.

 

 

4 Responses to “decision tree? bukan pohon biasa!”

  1. Christian Says:

    Ternyata emang bukan pohon biasa. Pohon sejenis juga ada di kuliah OR. Di situ dicari mana alternatif yg punya EMV yang paling gede.

  2. carissasanjaya Says:

    wah stuju nih decision tree emang mudah diinterpretasi oleh manusia, dan bikin kita gampang tau keputusan apa yang sebaiknya kita ambil. tinggal ikutin alurnya ajah eh tau tau udah dapet deh tu keputusan.
    Tapi bikinnya susah yakkk.. gimana cara nya mengakomodasi semua kepentingan yang akirnya memberikan solusi yang terbaik!!!

  3. christansen Says:

    wah, ternyata pohon bisa memilih juga yah…hahahaha….=P

  4. nyo2nyo Says:

    gimana klo make decision tree buat milih tema kp…
    tp apa yg mo di simplifikasi..
    hau…
    trus gmana dong?haha


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s